Berita

Virus Influenza Menyerang Sel-Sel Saluran Pernapasan Atas Dan Tidak Menyerang Sel-Sel Lain Karena

Penyebaran virus

Virus influenza adalah virus yang sangat mudah menular dari orang ke orang melalui kontak langsung maupun udara. Ketika seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin, partikel virus dapat tersebar di udara dan dengan mudah masuk ke tubuh orang lain yang berada di sekitarnya. Tidak hanya itu, virus ini juga dapat menyebar melalui sentuhan dengan permukaan yang terkontaminasi oleh virus influenza.

Penyebaran virus influenza tersebut dapat terjadi dengan cepat dalam lingkungan dengan keramaian atau kerumunan orang. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari kontak langsung dengan penderita influenza dan menjaga kebersihan diri sendiri dengan rajin mencuci tangan.

Pencegahan influenza

Mencegah penyebaran virus influenza sangatlah penting guna melindungi diri sendiri dan orang lain dari penyakit ini. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencegah influenza:

  1. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama setidaknya 20 detik.
  2. Menggunakan masker saat berada di tempat umum atau dalam kerumunan orang.
  3. Menghindari kontak langsung dengan penderita influenza.
  4. Menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin dengan menggunakan tisu atau dengan menutupnya menggunakan siku bagian dalam lengan tangan.
  5. Menghindari menyentuh wajah, terutama hidung dan mulut, sebelum mencuci tangan.
  6. Rajin membersihkan dan mensterilkan permukaan yang sering disentuh, seperti gagang pintu, meja, dan telepon.
  7. Tetap menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi, beristirahat yang cukup, dan berolahraga secara teratur.

Saluran pernapasan atas

Saluran pernapasan atas merupakan bagian dari sistem pernapasan yang terdiri dari hidung, sinus, faring, dan laring. Saluran pernapasan atas berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke tubuh serta menjaga kelembapan dan kehangatan udara yang masuk.

Saluran pernapasan atas juga merupakan tempat pertama yang terserang oleh virus influenza. Virus ini menyerang sel-sel yang melapisi saluran pernapasan atas dan menyebabkan peradangan pada area tersebut. Gejala yang umum terjadi akibat influenza adalah pilek, hidung tersumbat, batuk, sakit tenggorokan, dan nyeri pada otot-otot di sekitar saluran pernapasan atas.

Virus influenza

Virus influenza adalah virus yang menyebabkan penyakit flu atau influenza. Virus ini termasuk ke dalam keluarga Orthomyxoviridae dan terdiri dari tiga jenis utama, yaitu influenza A, B, dan C. Influenza A dan B adalah yang paling umum menyebabkan wabah flu pada manusia, sedangkan influenza C biasanya hanya menyebabkan infeksi ringan tanpa gejala yang serius.

Virus influenza mudah berubah dan beradaptasi dengan cepat, sehingga dapat muncul jenis-jenis baru yang menyebabkan wabah atau pandemi. Oleh karena itu, vaksin influenza perlu diperbarui setiap tahun untuk melindungi dari jenis-jenis virus influenza yang baru.

Pengobatan influenza

Saat ini, tidak ada pengobatan yang spesifik untuk mengatasi infeksi virus influenza. Pengobatan yang paling umum dilakukan adalah pengobatan simptomatik untuk meredakan gejala yang timbul akibat infeksi ini. Beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi influenza antara lain:

  1. Mengistirahatkan tubuh dengan cukup.
  2. Mengonsumsi obat pereda demam dan nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen.
  3. Mengonsumsi banyak cairan untuk mencegah dehidrasi, seperti air putih, jus, atau sup hangat.
  4. Mengonsumsi makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh.
  5. Menggunakan obat pelega tenggorokan atau pereda batuk yang dijual bebas jika dibutuhkan.
  6. Menghindari pergi ke tempat ramai atau berinteraksi dengan orang lain agar tidak menularkan virus influenza.

Gejala influenza

Gejala influenza muncul beberapa waktu setelah terpapar virus influenza. Beberapa gejala yang umum terjadi pada penderita influenza antara lain:

  • Demam tinggi, umumnya di atas 38 derajat Celsius.
  • Merasa lelah dan lesu secara mendadak.
  • Menggigil atau merasa kedinginan.
  • Gejala flu seperti hidung tersumbat atau berlendir, batuk, dan sakit tenggorokan.
  • Sakit kepala yang parah dan nyeri pada otot-otot.
  • Merasa tidak nyaman atau mual.

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, penting untuk segera beristirahat dan mengonsumsi banyak cairan. Jika gejala semakin parah atau tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Show More

Fransisca Natalia

Fransisca Natalia Anggraeni, alumni Universitas Indonesia dengan lulusan tahun 2017 dari Fakultas Psikologi, adalah seorang penulis konten yang memadukan keahlian psikologi dengan penulisan kreatif. Pengalaman dan pendidikannya memberikan Fransisca keunikan dalam memahami perilaku manusia dan cara menyampaikan informasi yang resonates dengan pembaca. Dengan bergabungnya di BeritaPolisi.id, Fransisca bertujuan untuk menyajikan artikel yang tidak hanya informatif dan relevan tetapi juga menawarkan perspektif mendalam tentang berbagai aspek psikologi sosial dan perkembangan individu dalam masyarakat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button