Suatu Media Komunikasi Yang Bersifat Resmi Dan Dilaksanakan Dengan Cara Tatap Muka Disebut

Bentuk komunikasi formal

Media komunikasi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Dalam berkomunikasi, kita menggunakan berbagai macam media, baik itu media elektronik maupun media non-elektronik. Salah satu bentuk komunikasi yang bersifat resmi dan dilaksanakan dengan cara tatap muka adalah komunikasi formal. Komunikasi formal adalah komunikasi yang dilakukan dalam lingkungan kerja atau lingkungan resmi lainnya, yang biasanya disertai dengan aturan dan prosedur tertentu. Dalam komunikasi formal, komunikator menggunakan bahasa yang formal dan tidak terlalu akrab.

Komunikasi formal biasanya dilakukan dalam sejumlah bentuk media. Salah satu contoh bentuk komunikasi formal adalah rapat. Rapat adalah salah satu bentuk komunikasi yang sangat umum dalam dunia kerja. Dalam rapat, para peserta akan duduk bersama untuk membahas suatu topik atau masalah tertentu. Pada saat rapat, biasanya terdapat agenda rapat yang telah disusun sebelumnya. Selain itu, ada juga notulen rapat yang dibuat setelah rapat selesai untuk mencatat hasil dari rapat tersebut.

Selain rapat, bentuk komunikasi formal lainnya adalah presentasi. Presentasi adalah salah satu cara untuk menyampaikan informasi kepada sejumlah orang secara formal. Presentasi biasanya dilakukan oleh seorang pembicara yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang yang akan dia sampaikan. Dalam presentasi, pembicara akan menggunakan media seperti slide presentasi atau alat bantu lainnya untuk menyampaikan informasi dengan jelas dan mudah dipahami oleh audiens.

Selain rapat dan presentasi, ada juga bentuk komunikasi formal lainnya seperti memo, surat resmi, dan laporan. Memo adalah salah satu cara untuk menyampaikan informasi secara tertulis kepada rekan kerja atau bawahan. Memo biasanya digunakan untuk mengkomunikasikan suatu tugas atau instruksi kepada orang yang terkait. Surat resmi adalah bentuk komunikasi tertulis yang lebih formal daripada memo. Surat resmi biasanya digunakan untuk mengkomunikasikan informasi antara perusahaan dengan pihak eksternal, seperti rekan bisnis atau pelanggan. Sedangkan laporan adalah bentuk komunikasi tertulis yang berisi informasi yang teliti dan rinci tentang suatu topik atau masalah tertentu.

Komunikasi tatap muka

Komunikasi tatap muka adalah bentuk komunikasi yang dilakukan secara langsung antara dua orang atau lebih. Bentuk komunikasi ini memiliki keunggulan dalam hal kejelasan dan keakuratan informasi yang disampaikan. Komunikasi tatap muka juga dapat membangun hubungan interpersonal yang kuat antara komunikator dan penerima pesan.

Suatu Media Komunikasi Yang Bersifat Resmi Dan Dilaksanakan Dengan Cara Tatap Muka Disebut

Ada beberapa keuntungan dari komunikasi tatap muka. Pertama, komunikasi tatap muka dapat langsung mendeteksi ekspresi wajah dan bahasa tubuh dari komunikator. Ekspresi wajah dan bahasa tubuh dapat memberikan informasi tambahan yang tidak bisa didapatkan melalui komunikasi tertulis atau komunikasi non-verbal. Kedua, komunikasi tatap muka dapat mempercepat proses pengambilan keputusan. Dalam komunikasi tatap muka, pesan dapat disampaikan dan diterima dengan cepat, sehingga dapat mengurangi waktu dan usaha yang diperlukan untuk mencapai tujuan komunikasi. Ketiga, komunikasi tatap muka dapat membangun kepercayaan dan kedekatan antara komunikator dan penerima pesan. Dalam komunikasi tatap muka, komunikator dapat menunjukkan kehadiran fisiknya dan memberikan perhatian langsung kepada penerima pesan, sehingga dapat membangkitkan rasa percaya dan keakraban antara keduanya.

Di era digital seperti sekarang ini, komunikasi tatap muka tidak hanya dilakukan secara langsung, tetapi juga melalui teknologi. Salah satu contoh komunikasi tatap muka yang dilakukan melalui teknologi adalah video conference. Video conference adalah bentuk komunikasi di mana dua orang atau lebih dapat berkomunikasi secara tatap muka melalui layanan video call. Dalam video conference, peserta dapat melihat dan mendengar satu sama lain, sehingga dapat melakukan komunikasi dengan cara yang lebih mendekati komunikasi tatap muka langsung.

Contoh komunikasi tatap muka

Ada banyak contoh komunikasi tatap muka dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh yang paling umum adalah komunikasi tatap muka antara atasan dan bawahan di tempat kerja. Dalam komunikasi ini, atasan akan memberikan arahan atau memberikan umpan balik kepada bawahan secara langsung. Komunikasi tatap muka antara atasan dan bawahan dapat memperbaiki pemahaman dan mengurangi kesalahpahaman yang mungkin terjadi dalam komunikasi tertulis atau melalui media elektronik lainnya.

Contoh komunikasi tatap muka lainnya adalah komunikasi tatap muka antara dokter dan pasien. Dalam komunikasi ini, dokter akan bertemu langsung dengan pasien untuk membahas masalah kesehatannya. Komunikasi tatap muka ini sangat penting dalam diagnosis dan pengobatan, karena dokter dapat mendapatkan informasi tambahan melalui pemeriksaan fisik dan wawancara langsung dengan pasien.

Selain itu, ada juga contoh komunikasi tatap muka antara guru dan siswa di sekolah. Dalam komunikasi ini, guru akan memberikan materi pelajaran kepada siswa secara langsung dan memperjelas pemahaman siswa melalui tanya jawab atau diskusi. Komunikasi tatap muka antara guru dan siswa dapat meningkatkan interaksi dan kualitas pembelajaran siswa.

Secara keseluruhan, komunikasi tatap muka adalah salah satu bentuk komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Komunikasi tatap muka dapat memberikan kejelasan, keakuratan, dan kedekatan yang sulit dicapai melalui komunikasi lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan kemampuan komunikasi tatap muka agar dapat berkomunikasi dengan efektif dalam berbagai situasi kehidupan kita.