Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi Rutin Lengkap Bagi Bayi Balita Adalah

Imunisasi dan pencegahan penyakit

Penyakit merupakan ancaman serius bagi kesehatan bayi dan balita. Namun, dengan adanya program imunisasi yang rutin dan lengkap, berbagai penyakit berbahaya dapat dicegah dan bayi balita dapat tumbuh dengan sehat dan kuat. Imunisasi adalah suatu cara untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit dengan memberikan vaksin kepada individu.

Program imunisasi bayi balita

Program imunisasi bayi balita adalah upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan tenaga medis untuk memberikan vaksinasi kepada bayi dan balita guna melindungi mereka dari penyakit-penyakit yang berbahaya. Program ini melibatkan berbagai jenis vaksin yang harus diberikan secara rutin dan lengkap sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Di bawah ini adalah beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi rutin lengkap bagi bayi balita:

Imunisasi bagi bayi

1. Tuberkulosis (TBC)

TBC adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bayi dan balita dapat mendapatkan vaksinasi BCG yang efektif dalam mencegah infeksi TBC.

Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi Rutin Lengkap Bagi Bayi Balita Adalah

2. Hepatitis B

Hepatitis B adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada hati. Bayi dapat terinfeksi melalui ibu mereka saat melahirkan. Vaksinasi hepatitis B dapat mencegah penularan virus dari ibu ke bayi.

3. Difteri

Difteri adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae dan menyerang saluran pernapasan. Vaksinasi difteri adalah bagian dari imunisasi DPT yang memberikan perlindungan terhadap difteri, pertusis, dan tetanus.

4. Tetanus

Tetanus adalah penyakit yang disebabkan oleh racun yang diproduksi oleh bakteri Clostridium tetani. Bayi dan balita dapat terinfeksi melalui luka terbuka. Vaksinasi DPT memberikan perlindungan terhadap tetanus.

5. Pertusis (batuk rejan)

Pertusis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Bordetella pertussis dan menyerang saluran pernapasan. Vaksinasi DPT memberikan perlindungan terhadap pertusis.

6. Polio

Polio adalah penyakit yang disebabkan oleh virus poliovirus dan dapat menyebabkan kelumpuhan. Vaksinasi polio memberikan perlindungan terhadap polio.

7. Campak

Campak adalah penyakit yang disebabkan oleh virus campak dan menyebar melalui udara. Vaksinasi campak memberikan perlindungan terhadap campak.

8. Rubella

Rubella atau campak Jerman adalah penyakit yang disebabkan oleh virus rubella dan menyebar melalui udara. Vaksinasi rubella memberikan perlindungan terhadap rubella serta mencegah kelainan perkembangan janin jika seorang wanita hamil terinfeksi virus rubella.

9. Hepatitis A

Hepatitis A adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada hati dan menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Vaksinasi hepatitis A memberikan perlindungan terhadap hepatitis A.

10. Pneumonia dan meningitis

Vaksinasi untuk mencegah pneumonia dan meningitis tersedia dalam bentuk beberapa jenis vaksin yang memberikan perlindungan terhadap bakteri Streptococcus pneumoniae dan Neisseria meningitidis.

11. Rotavirus

Rotavirus adalah penyebab utama diare akut pada bayi dan balita. Vaksinasi rotavirus memberikan perlindungan terhadap infeksi rotavirus.

12. Influenza

Influenza atau flu adalah penyakit infeksi yang menyerang saluran pernapasan dan disebabkan oleh virus influenza. Vaksinasi influenza memberikan perlindungan terhadap influenza.

Dengan menjalani imunisasi rutin lengkap sesuai dengan jadwal yang ditentukan, bayi balita dapat terhindar dari berbagai penyakit yang dapat membahayakan kesehatan dan kehidupan mereka. Program imunisasi bayi balita adalah langkah penting dalam upaya menjaga kesehatan generasi penerus kita.