Berita

Jenis Senam Lantai Yang Menggunakan Gerakan Jungkir Balik Di Udara Tanpa Menyentuh Tanah Dinamakan …

Jenis gerakan senam lantai

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang jenis senam lantai yang menggunakan gerakan jungkir balik di udara tanpa menyentuh tanah. Gerakan ini cukup kompleks dan membutuhkan keahlian khusus untuk dilakukan dengan sempurna. Mari kita lihat beberapa jenis gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan jungkir balik di udara tanpa menyentuh tanah.

Jenis senam lantai

Senam lantai adalah olahraga yang melibatkan serangkaian gerakan fisik yang dilakukan di atas permukaan lantai. Tujuan utama dari senam lantai adalah untuk meningkatkan kekuatan, keseimbangan, fleksibilitas, dan koordinasi tubuh. Selain itu, senam lantai juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental dan emosional.

Gerakan senam lantai

Berikut ini adalah beberapa gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan jungkir balik di udara tanpa menyentuh tanah:

1. Salto Depan

Salto depan adalah salah satu gerakan senam lantai yang paling terkenal. Gerakan ini melibatkan melompat ke udara, melakukan putaran 360 derajat, dan mendarat dengan posisi berdiri. Salto depan membutuhkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi yang baik.

2. Salto Belakang

Salto belakang mirip dengan salto depan, namun gerakan ini melibatkan putaran mundur. Pada saat melakukan salto belakang, tubuh akan meluncur ke belakang dan melakukan putaran 360 derajat sebelum mendarat dengan posisi berdiri.

3. Flik Flak

Flik flak adalah gerakan senam lantai yang melibatkan putaran ke depan dan ke belakang secara berurutan. Gerakan ini membutuhkan kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas yang baik. Flik flak sering digunakan sebagai gerakan pembuka atau penutup dalam rutinitas senam lantai.

4. Mortal

Mortal adalah gerakan senam lantai yang melibatkan putaran 180 derajat di udara. Pada saat melakukan mortal, tubuh akan meluncur ke udara, melakukan putaran 180 derajat, dan mendarat dengan posisi jongkok atau berdiri.

5. Elbow Stand

Elbow stand adalah gerakan senam lantai yang melibatkan menopang tubuh pada siku dan tangan dengan posisi terbalik. Gerakan ini membutuhkan kekuatan inti, keseimbangan, dan koordinasi yang baik. Elbow stand sering digunakan sebagai gerakan transisi dalam rutinitas senam lantai.

6. Handstand

Handstand adalah gerakan senam lantai yang melibatkan menopang tubuh dengan tangan dan menjaga posisi tubuh terbalik. Gerakan ini membutuhkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi yang baik. Handstand juga bisa dilakukan dengan bantuan dinding atau peralatan lainnya.

7. Walkover

Walkover adalah gerakan senam lantai yang melibatkan meluncur ke belakang dan melakukan putaran ke depan melewati posisi jantung. Gerakan ini membutuhkan fleksibilitas dan keseimbangan yang baik. Walkover sering digunakan sebagai gerakan transisi dalam rutinitas senam lantai.

8. Aerial

Aerial adalah gerakan senam lantai yang melibatkan melompat ke udara, melakukan putaran 360 derajat tanpa menyentuh tangan ke tanah, dan mendarat dengan posisi berdiri. Gerakan ini membutuhkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi yang luar biasa.

Itulah beberapa jenis gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan jungkir balik di udara tanpa menyentuh tanah. Jika Anda tertarik untuk mencoba gerakan-gerakan ini, pastikan Anda terlebih dahulu mempelajari teknik dasarnya dan melakukan pemanasan yang cukup. Selalu lakukan gerakan-gerakan ini di bawah pengawasan seorang instruktur yang berkualifikasi untuk menghindari cedera.

Senam lantai adalah olahraga yang menyenangkan dan menantang. Selain memberikan manfaat fisik, olahraga ini juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri, kedisiplinan, dan ketekunan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan menikmati senam lantai ini!

Show More

Wisnu Nugroho

Wisnu Nugroho, lulusan dari Universitas Brawijaya tahun 2016 di jurusan Ilmu Politik, adalah seorang penulis konten yang fokus pada politik, sosial, dan perubahan masyarakat. Dengan latar belakang ilmu politik, Wisnu membawa perspektif kritis dan analitis dalam tulisannya, menggabungkan teori dan praktik untuk memahami dan menjelaskan dinamika politik dan sosial. Bergabung dengan BeritaPolisi.id, ia berkomitmen untuk menyajikan analisis yang tajam dan berita terkini, membantu pembaca memahami peristiwa dan tren yang membentuk masyarakat dan dunia politik saat ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button