Berita

HEBAT! Nilai Tertinggi SKD CPNS 2023 Berapa? Ini Skor Poin Nilai Maksimal SKD, Pahami Ketentuan Nilai Passing Grade SKD CPNS dan Syarat Lolos ke SKB

Setelah mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun 2023, Anda tentu ingin tahu apakah Anda memenuhi syarat untuk melanjutkan ke tahap Selanjutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). SKB merupakan tahap seleksi berikutnya setelah SKD dan merupakan salah satu tahap penting dalam proses penerimaan CPNS. Berikut adalah beberapa syarat yang harus Anda penuhi untuk lolos ke SKB:

  1. Mencapai skor minimal passing grade SKD: Untuk lolos ke SKB, Anda harus mencapai skor minimal passing grade yang ditentukan oleh instansi yang Anda lamar. Passing grade ini biasanya berbeda-beda tergantung pada jabatan dan instansi yang Anda lamar. Poin lebih lanjut mengenai passing grade SKD akan dibahas secara detail di bagian berikutnya.
  2. Mendapatkan peringkat yang cukup: Selain mencapai passing grade SKD, Anda juga perlu mendapatkan peringkat yang cukup untuk lolos ke tahap SKB. Biasanya, hanya sejumlah tertentu peserta dengan peringkat teratas yang diundang untuk mengikuti SKB. Jumlah peserta yang diundang tergantung pada kuota yang ditentukan oleh instansi yang Anda lamar.
  3. Memenuhi syarat administratif dan persyaratan lain yang ditetapkan oleh instansi: Setiap instansi memiliki persyaratan administratif dan persyaratan lainnya yang harus dipenuhi oleh peserta yang ingin melanjutkan ke tahap SKB. Pastikan Anda memeriksa persyaratan tersebut dengan teliti dan memenuhinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Passing Grade SKD CPNS

Passing grade SKD CPNS merupakan skor minimal yang harus dicapai oleh peserta ujian SKD untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu SKB. Setiap instansi biasanya menetapkan passing grade yang berbeda-beda tergantung pada jabatan dan kebutuhan mereka. Untuk tahun 2023, passing grade SKD CPNS belum diumumkan secara resmi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Namun, Anda dapat memperkirakan skor poin nilai maksimal SKD dan berpatok pada passing grade tahun sebelumnya sebagai acuan.

Perlu diingat bahwa passing grade bisa berbeda-beda tergantung pada kebijakan instansi yang Anda lamar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksa informasi mengenai passing grade SKD dari instansi yang Anda lamar atau melalui situs resmi BKN.

Poin Nilai Maksimal SKD

Untuk memahami skor poin nilai maksimal SKD, Anda perlu mengetahui struktur dan jenis soal yang diberikan dalam ujian SKD CPNS. SKD CPNS terdiri dari beberapa tes atau bagian, yaitu:

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK): Tes ini merupakan tes untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman peserta ujian terhadap wawasan kebangsaan, kepemimpinan, dan Pancasila.
  2. Tes Intelegensi Umum (TIU): Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta dalam memahami informasi verbal, penalaran logis, serta kemampuan kuantitatif dan pengetahuan umum.
  3. Tes Skala Kepribadian (SKL): Tes ini digunakan untuk mengukur profil kepribadian peserta ujian.

Setiap tes memiliki bobot poin yang berbeda-beda dalam penilaian SKD CPNS. Berikut adalah poin nilai maksimal untuk masing-masing tes:

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK): 50 poin
  • Tes Intelegensi Umum (TIU): 80 poin
  • Tes Skala Kepribadian (SKL): 70 poin

Dengan demikian, nilai maksimal SKD CPNS adalah 200 poin (50 poin TWK + 80 poin TIU + 70 poin SKL). Setiap peserta ujian akan memperoleh total skor poin berdasarkan jumlah jawaban benar dan salah pada setiap tes.

Anda perlu memahami dengan baik tentang skor poin nilai maksimal SKD dan struktur ujian SKD CPNS agar dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian tersebut. Pastikan Anda menguasai materi yang diujikan dan melatih kemampuan Anda dalam menjawab soal-soal ujian. Semoga berhasil dalam menghadapi seleksi CPNS tahun 2023 dan dapat melangkah ke tahap selanjutnya, yaitu SKB!

Show More

Lintang Siltya

Lintang Siltya Utami, lulusan dari Universitas Gadjah Mada tahun 2015 di jurusan Ilmu Sosiologi, adalah penulis konten dengan spesialisasi dalam analisis sosial dan budaya. Dengan keahlian dalam memahami dinamika masyarakat dan tren budaya, Lintang menggabungkan pengetahuan akademis dan keterampilan penulisannya untuk menghasilkan konten yang mendalam dan relevan. Bergabung dengan BeritaPolisi.id, ia berkomitmen untuk menyajikan artikel yang kaya informasi dan insight, mencakup berbagai aspek sosial, kultural, dan fenomena terkini yang berpengaruh pada masyarakat.

Related Articles

One Comment

  1. I’m truly enjoying the design and layout of your website.

    It’s a very easy on the eyes which makes it much more enjoyable for me to come here
    and visit more often. Did you hire out a developer to create your theme?
    Outstanding work!

    My webpage

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button