oleh

Galian C Dugaan ilegal di Sembung Wringinganom “Belum di Sentuh Polda Jatim”

Beritapolidi.id | Gresik – Jawa Timur – Adanya tambang galian C di Sembung Wringinanom, Dugaan tidak mengantongi (IUP-OP) Khusus Pertambangan Mineral dan Batubara, dari Kementerian ESDM.

Generasi Muda Indonesia Cerdas Anti Korupsi (GMICAK) turun lapangan, setelah melakukan pendataan, konfirmasi kepada supir, galian C ini Milik abah Matasan, lebih lanjut: Abah matasan melalui telpon seluler Whatsaap, belum ada balasan.

Secara terpisah Kades Sembung, dketika di mintak keterangan perihal IUP-OP Khusus pertambangan, enggan memberikan keterwngan.

Hingga Laporan informasi diteruskan ke Kapolres Gresik, Kanit Wringinanom Kegiatan tambang galian C masih beraktifitas.

Selengkapnya:
Bertempat di Desa Sembung, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik, Propinsi Jawa Timur terdapat lokasi pertambangan Galian C.

Fakta di lapangan banyak Armada keluar dari Lokasi Pertambangan galian C membawa muatan hasil tambang hasil Galian, dan Nampak alat berat jenis bego sedang mengeruk tanah untuk dinaikan ke Truk di bawah keluar dari Area Lokasi Tambang.

Secara Umum : Setiap Pengusaha Pertambangan Galian yang menggunakan alat berat wajib mengantongi izin Usaha Operasi Produksi dan Penjualan.

IUP Operasi Produksi adalah Izin yang diberikan untuk kegiatan konstruksi, penambangan, pengolahan dan pemurnian, serta pengangkutan dan penjualan dalam rangka pertambangan. IUP tipe ini diberikan kepada badan usaha, koperasi atau perseorangan sebagai peningkatan dari kegiatan eksplorasi. Pasal 46 UU No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (“UU Minerba”) mengatur bahwa setiap pemegang IUP Eksplorasi dijamin untuk memperoleh IUP Operasi Produksi sebagai kelanjutan kegiatan usaha pertambangannya. Jaminan dari pemerintah ini hanya akan berlaku dalam hal pemegang IUP Eksplorasi memenuhi seluruh kewajibannya sebagaimana yang diatur dalam IUP Eksplorasi. IUP Operasi Produksi dapat diberikan kepada badan usaha, koperasi, atau perseorangan atas hasil pelelangan WIUP mineral logam atau batubara yang telah mempunyai data hasil kajian studi kelayakan.

Adanya kegiatan tambang yang diduga ilegal, Supriyanto als ilyas (Pria Sakti) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Generasi Muda Indonesia Cerdas Anti Korupsi (GMICAK). Akan berkoordinasi dengan penegak Hukum terkait, Baik Gubernur, Kapolda Jatim, Polres, Polsek dan Dinas Lingkungan Hidup, Camat serta Desa.

Sumber : Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba).

Sumber: Berita:

1. https://jejakkasus.info/galian-c-di-desa-sembung-kecamatan-wringinanom-gresik-dipertayakan-gmicak-legalitas-iup-op-nya/

2. https://detikkasus.com/ketua-umum-gmicak-minta-polisi-sikapi-galian-c-di-desa-sembung-wringinanom-terkait-legalitas-iup-op/

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed