Humanis

Bagian Dalam Sistematika Artikel Ilmiah Yang Perlu Menjawab “Apa Yang Diteliti” Dan “Bagaimana Penelitian Tersebut Dilakukan” Disebut

Artikel ilmiah adalah sebuah tulisan yang berisi hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti atau tim peneliti. Artikel ilmiah memiliki peran yang sangat penting dalam dunia penelitian, karena melalui artikel ilmiah, peneliti dapat membagikan temuan dan pengetahuan baru kepada masyarakat ilmiah. Selain itu, artikel ilmiah juga menjadi salah satu cara untuk mengukur kualitas dan keberhasilan seorang peneliti.

Apa itu Sistematika Artikel Ilmiah?


Sistematika artikel ilmiah adalah susunan atau tata cara penulisan sebuah artikel ilmiah yang mengikuti aturan dan standar yang telah ditetapkan. Sistematika artikel ilmiah mencakup komponen-komponen penting yang harus ada dalam sebuah artikel ilmiah, seperti judul, abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil penelitian, pembahasan, dan kesimpulan.

Mengapa Sistematika Artikel Ilmiah Penting dalam Penelitian?


Sistematika artikel ilmiah memiliki beberapa manfaat penting dalam dunia penelitian. Pertama, sistematika artikel ilmiah memudahkan pembaca untuk memahami isi artikel dengan lebih baik. Dengan adanya susunan yang teratur dan jelas, pembaca dapat dengan mudah mengikuti alur pemikiran penulis dan memahami setiap komponen yang ada dalam artikel.

Kedua, sistematika artikel ilmiah juga memperlihatkan kredibilitas penelitian. Dengan mengikuti aturan dan standar yang telah ditetapkan, peneliti menunjukkan bahwa penelitiannya telah dilakukan dengan serius dan profesional. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan pembaca terhadap hasil penelitian yang disajikan.

Ketiga, sistematika artikel ilmiah juga memudahkan proses peer-review. Peer-review adalah proses penilaian oleh para ahli sebidang sebelum artikel diterbitkan. Dengan adanya sistematika yang jelas, para reviewer dapat dengan mudah mengevaluasi setiap komponen dalam artikel dan memberikan masukan atau saran yang berguna untuk penulis.

Fungsi Apa yang Diteliti dalam Sistematika Artikel Ilmiah?


Dalam sistematika artikel ilmiah, terdapat beberapa komponen penting yang harus ada dalam sebuah artikel ilmiah. Pertama, penjelasan tentang masalah penelitian. Pada bagian ini, penulis menjelaskan latar belakang masalah yang akan diteliti dan mengapa masalah tersebut penting untuk diteliti.

Kedua, tujuan penelitian. Pada bagian ini, penulis menjelaskan tujuan dari penelitian yang dilakukan. Tujuan penelitian dapat berupa menguji hipotesis, menjawab pertanyaan penelitian, atau mengidentifikasi pola atau hubungan antara variabel-variabel tertentu.

Ketiga, metode penelitian. Pada bagian ini, penulis menjelaskan secara detail tentang desain penelitian yang digunakan, populasi dan sampel penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data yang digunakan.

Keempat, hasil penelitian. Pada bagian ini, penulis menyajikan hasil penelitian yang telah diperoleh. Hasil penelitian dapat berupa data numerik, grafik, atau temuan kualitatif yang relevan dengan tujuan penelitian.

Kelima, kesimpulan. Pada bagian ini, penulis menyimpulkan temuan atau hasil penelitian yang telah diperoleh. Kesimpulan harus didasarkan pada data dan fakta yang telah disajikan sebelumnya.

Pentingnya Menjelaskan Bagaimana Penelitian Dilakukan dalam Artikel Ilmiah


Penjelasan tentang bagaimana penelitian dilakukan merupakan salah satu komponen penting dalam artikel ilmiah. Hal ini penting karena dengan menjelaskan proses penelitian yang dilakukan, penulis dapat memperlihatkan keakuratan dan kevalidan penelitian tersebut.

Dalam menjelaskan bagaimana penelitian dilakukan, penulis harus menjelaskan secara rinci tentang desain penelitian yang digunakan. Desain penelitian mencakup langkah-langkah yang diambil untuk mengumpulkan data dan menganalisisnya. Dengan menjelaskan desain penelitian dengan jelas, pembaca dapat memahami bagaimana data diperoleh dan apakah metode yang digunakan sesuai dengan tujuan penelitian.

Selain itu, penulis juga harus menjelaskan populasi dan sampel penelitian. Populasi adalah kelompok yang menjadi subjek penelitian, sedangkan sampel adalah sebagian kecil dari populasi yang diambil untuk dijadikan objek penelitian. Dengan menjelaskan populasi dan sampel penelitian, pembaca dapat menilai apakah sampel yang digunakan mewakili populasi secara keseluruhan.

Bagaimana Cara Menjelaskan Apa yang Diteliti dalam Artikel Ilmiah?


Untuk menjelaskan apa yang diteliti dalam artikel ilmiah, penulis harus menjelaskan masalah penelitian secara jelas dan terperinci. Penulis harus menjelaskan latar belakang masalah, mengapa masalah tersebut penting untuk diteliti, dan apa yang ingin dicapai melalui penelitian tersebut.

Selain itu, penulis juga harus menjelaskan tujuan penelitian secara jelas dan terperinci. Tujuan penelitian harus spesifik dan dapat diukur, sehingga pembaca dapat memahami dengan jelas apa yang ingin dicapai melalui penelitian tersebut.

Pentingnya Memahami Tujuan Penelitian dalam Artikel Ilmiah


Memahami tujuan penelitian dalam artikel ilmiah memiliki beberapa manfaat penting. Pertama, memperlihatkan relevansi penelitian dengan topik yang dibahas. Dengan memahami tujuan penelitian, pembaca dapat menilai apakah penelitian tersebut relevan dengan topik yang sedang dibahas atau tidak.

Kedua, memperlihatkan kontribusi penelitian terhadap bidang ilmu yang dibahas. Dengan memahami tujuan penelitian, pembaca dapat menilai apakah penelitian tersebut memberikan kontribusi baru atau hanya mengulang penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.

Mengapa Metode Penelitian Harus Dijelaskan dalam Artikel Ilmiah?


Penjelasan tentang metode penelitian merupakan salah satu komponen penting dalam artikel ilmiah. Hal ini penting karena dengan menjelaskan metode penelitian, penulis dapat memperlihatkan keakuratan dan kevalidan penelitian tersebut.

Dalam menjelaskan metode penelitian, penulis harus menjelaskan desain penelitian yang digunakan. Desain penelitian mencakup langkah-langkah yang diambil untuk mengumpulkan data dan menganalisisnya. Dengan menjelaskan desain penelitian dengan jelas, pembaca dapat memahami bagaimana data diperoleh dan apakah metode yang digunakan sesuai dengan tujuan penelitian.

Selain itu, penulis juga harus menjelaskan teknik pengumpulan data yang digunakan. Teknik pengumpulan data dapat berupa observasi, wawancara, kuesioner, atau pengamatan partisipatif. Dengan menjelaskan teknik pengumpulan data dengan jelas, pembaca dapat menilai apakah teknik yang digunakan sesuai dengan tujuan penelitian.

Bagaimana Cara Menjelaskan Metode Penelitian dalam Artikel Ilmiah?


Untuk menjelaskan metode penelitian dalam artikel ilmiah, penulis harus menjelaskan desain penelitian yang digunakan, populasi dan sampel penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.

Pertama, penulis harus menjelaskan desain penelitian yang digunakan. Desain penelitian mencakup langkah-langkah yang diambil untuk mengumpulkan data dan menganalisisnya. Dalam menjelaskan desain penelitian, penulis harus menjelaskan secara rinci tentang langkah-langkah yang diambil dan alasan mengapa langkah-langkah tersebut dipilih.

Kedua, penulis harus menjelaskan populasi dan sampel penelitian. Populasi adalah kelompok yang menjadi subjek penelitian, sedangkan sampel adalah sebagian kecil dari populasi yang diambil untuk dijadikan objek penelitian. Dalam menjelaskan populasi dan sampel penelitian, penulis harus menjelaskan bagaimana populasi dipilih dan bagaimana sampel diambil.

Ketiga, penulis harus menjelaskan teknik pengumpulan data yang digunakan. Teknik pengumpulan data dapat berupa observasi, wawancara, kuesioner, atau pengamatan partisipatif. Dalam menjelaskan teknik pengumpulan data, penulis harus menjelaskan bagaimana teknik tersebut dilakukan dan alasan mengapa teknik tersebut dipilih.

Keempat, penulis harus menjelaskan teknik analisis data yang digunakan. Teknik analisis data dapat berupa analisis statistik, analisis kualitatif, atau kombinasi keduanya. Dalam menjelaskan teknik analisis data, penulis harus menjelaskan bagaimana data dianalisis dan alasan mengapa teknik tersebut dipilih.

Pentingnya Menyajikan Hasil Penelitian dalam Artikel Ilmiah


Menyajikan hasil penelitian dalam artikel ilmiah memiliki beberapa manfaat penting. Pertama, memperlihatkan hasil penelitian yang diperoleh. Dengan menyajikan hasil penelitian secara jelas dan terperinci, pembaca dapat melihat apa yang telah dicapai melalui penelitian tersebut.

Kedua, memperlihatkan kontribusi penelitian terhadap bidang ilmu yang dibahas. Dengan menyajikan hasil penelitian, pembaca dapat menilai apakah penelitian tersebut memberikan kontribusi baru atau hanya mengulang penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.

Kesimpulan tentang Pentingnya Sistematika Artikel Ilmiah dalam Penelitian.


Sistematika artikel ilmiah memiliki peran yang sangat penting dalam dunia penelitian. Sistematika artikel ilmiah memperlihatkan kredibilitas penelitian, memudahkan pembaca untuk memahami isi artikel, dan memudahkan proses peer-review. Oleh karena itu, setiap peneliti harus mengikuti aturan dan standar yang telah ditetapkan dalam sistematika artikel ilmiah untuk memastikan bahwa hasil penelitiannya dapat dipahami dan diakui oleh masyarakat ilmiah.

Show More

Bagus Hariady

Bagus Hariady, lulusan dari Universitas Airlangga tahun 2014 jurusan Ilmu Komunikasi, adalah seorang penulis berpengalaman dengan spesialisasi dalam konten digital dan media. Dengan lebih dari 8 tahun pengalaman, Bagus terkenal dengan kemampuannya dalam menyajikan berita dan analisis yang mendalam. Bergabung dengan BeritaPolisi.id, ia mengutilisasi keahliannya untuk menginformasikan masyarakat dengan berita yang akurat dan terkini dalam bidang hukum dan keamanan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button